Wednesday, May 3, 2023

JURNAL REFLEKSI (TEKNOLOGI BARU DALAM PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN)

 

 

Nama Matakuliah

 teknologi baru dalam pengajaran dan pembelajaran

Review pengalaman belajar.

Topik 1 :

Pengalaman belajar yang penulis dapatkan pada topik pertama mata kuliah teknologi baru dalam pengajaran dan pembelaaran yang membahas tentang perkembangan teknologi, media, dan pembelajaran ialah bagaiaman teknologi dan media ini terus berkembang seiring perkembangan zaman yang dimulai dari masuknya komputer pertama ke sekolah pada tahun 1970-an hingga saat ini. Pada topik ini penulis juga menelaah terkait dengan bagiaman perkembangan teknologi, media dan pembelajaran khsusnya di Indonesia pada saat sebelum dan setelah pandemi covid-19 yang dimana mengalami peningkatan signifikan setelah pandemi dengan pemberlakukan pembelajaran jarak jauh moda daring. Penulis juga membahas terkait dengan perkembagan teknologi, media dan pembelajaran dengan dikorelasikan terhadap karaktertik peserta didiik abad 21 dan generasi alpha yang lebih cenderung aktif dalam penggunaan teknologi dan menyukai pembelajaran yang berbasis IT.

Ø  Perkembangan TIK : pengalaman belajar yang saya dapatkan yaitu saya mengidentifikasi hardware dan software yang sering kita gunakan. Hardware: Laptop, cpu, Keyboard, mouse, monitor, flash disk, modem, printer dan speaker Software: Microsoft Office Word, Excel, PowerPoint, Google Chrome, Mozilla Firefox, Adobe Photoshop, Corel Draw, dan Aplikasi-aplikasi yang terinstal

Ø  Mengekplorasi penggunaan TIK dalam pembelajaran : pengalaman belajar yang saya dapatkan saya mendeskripsikan keampuan dan perangkat teknologi di sekitar saya tinggal yaitu di Polewali Mandar, Sulawesi Barat.  wilayah Polewali Mandar teknologi dan akses internet sudah maju, bahkan pada saya SMA tahun 2013 saya tes masuk menggunakan moodle (e-learning) semua ujian telah berbasis online bahkan kami disekolah dibiasakan menggunakan akses internet dalam pembelajaran mencari materi yang ada di sekolah, guru tidak pernah melarang menggunkan internet untuk keperluan belajar. tugas-tugas bahkan keseharian kami selalu menggunakan akses internet. Namun ini hanya ada di sekolah saya, masih banyak daerah termasuk sekolah yang belum atau masih susah mengakses internet. pada waktu saya KKN berhubung saya KKN masih di wilayah Polman di sana sudah ada akses internet namun dirumah siswa tidak ada jaringan internet, untuk telpon seluler sehingga pada saat pandemi (2020) siswa kewalahan mencari jaringan hingga ke kebun-kebun bahkan hutan demi mendapatkan jaringan. itulah perbedaan yang sangat terlihat pendidikan di kota dan di desa.

Ø  Tahapan dalam mengadopsi dan menggunakan TIK : Terdapat beberapa tahapan dalam mengadopsi dan menggunakan TIK, yang terdiri dari Emerging (Muncul) yaitu sekolah memperkanalkan komputer, Applying (Menerapkan) denga mulai mengadaptasi kurikulum dalam rangka meningkatkan penggunaan TIK pada mata pelajaran yang berbeda,  Infusing (Menanamkan) Penanaman TIK pada semua aspek kehidupan profesional guru dengan cara seperti untuk meningkatkan pembelajaran peserta didik dan pengelolaan pembelajaranTransforming (Transformasi) membawa guru melalui tingkat menanamkan ke titik di mana TIK adalah alat yang digunakan secara rutin untuk membantu pembelajaran sedemikian rupa sehingga sepenuhnya terintegrasi di semua kelas

Ø  Pemanfaatan Perangkat TIK dalam Pembelajaran Abad ke-21 aplikasi yang saya gunakan dalam belajar dan mengajar yaitu : word, canva, ppt, youtube, capcut, zoom, google meet, moodle dan masih banyak lagi sehingga saya dapat membuat tugas saya ataupun membuat perangkat dan media pembelajaran.

Ø  Dampak TIK di sekolah, pengajaran : dampak TIK di sekolah banyak sekali, yang pertama guru dapat membuat media pembelajaran yang baik, mengimput nilai dengan cepat, memperoleh bahan ajar, memudahkan dalam tes/ujian sudah tidak menggunakan kertas, siswa juga dapat memperoleh materi-materi yang beragam tidak terpaku dengan buku saja.

Ø  Istilah-istilah baru yang saya pernah mendengar istilah isilah TIK yaitu : 1) internet of Things (IoT) Penghubungan Perangkat Elektronik dengan akses internet 2) Big data Sekumpulan data yang memiliki volume atau ukuran yang sangat besar yang terdiri dari data yang terstruktur. 3) Cyber security adalah suatu aktivitas yang dilakukan agar bisa melindungi sistem komputer terhadap berbagai serangan ataupun akses yang ilegal. 4) Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang memperoleh penggabungan secara real-time terhadap digital konten yang dibuat oleh komputer dengan dunia nyata. 5) Virtual Reality (VR) adalah suatu teknologi yang memungkinkan seseorang dapat melakukan simulasi dengan menghadirkan visual dan suasana tiga dimensi

 

Topik 2 :

Topik yang kedua membahas tentang lingkungan belajar abad-21. Salah satu pangalaman belajar bermakna yang penulis dapatkan daripada pembehasaan opik ini ialah bagaimana lingkungan belajar pada era ini menghendaki terwujudnya guru dan peserta didik digital. Guru dan pesarta didik gigital disini yang dimaksudkan adalah bagaiamana di dalam pembelajaran diintegrasikan penggunaan teknologi dan media. Adapun media disini diklasifikasikan menjadi media berbentuk, teks, audio, visual, dan video. Selanjutnya dalam proses pembelajaran topik ini pula penulis diajak untuk mengidentifikasai teknologi, dan media yang dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran yang salah satunya ialah teknologi LCD-komputer yang dapat digunakan untuk menjadikan bahan presentasi dari media powerpoint.

 

Topik 3 :

Pengalaman belajar dan bermakna yang penulis peroleh daripada topik ketiga yang membahas tentang teknologi dan media untuk pembelajaran yang pertama ialah terkait dengan prinsip penggunaan teknologi yang efektif di dalam pembelajaran yang dimana salah satunya dapat dilakukan dengan guru bukan hanya menggunakan teknologi dan media akan tetapi juga membimbing peserta didik untuk dapat menggunakan atau memanfaatkan alat-alat tersebut seperti dalam hal pengumpulan informasi. Pengalaman belajar bermakna kedua yang penulis dapatkan ialah perihal model ASSURE yang merupakan langkah yang digunakan untuk memastikan pembelajaran berlangsung efektif yang terdiri atas Analyze (menganalisis peserta didik), State standards (merumuskan standard dan tujuan pembelajaran), Select Strategies and reseources (memilih strategi dan sumber belajar), Utilize resources (memanfaatkan sumber daya), Require learner participation (partisipasi peserta didik dalam pembelajaran), dan Evaluate and revisi (menilai dan merevisi pembelajaran).

 

Topik 4 :

Pemanfaatan perangkat digital, merupakan pokok bahasan pada topik keempat mata kuliah ini. Pengalaman belajar yang penulis dapatkan daripada proses pembelajaran topik ini berupa pemahaman bahwa pemanfaatan perangkat digital di dalam pembelajaran dapat merangsang peserta didik untuk aktif serta memperkaya pengaksesan informasi bagi peserta didik. Selain itu pengalam lainnya yang penulis temui pada topik ini ialah diskusi bersama kelompok teerkait dengan pernyataan bahwa teknologi bukanlah merupakan obat manjur untuk mengatasi masalah pendidikan yang mendapatkan kesimpulan bahwa hal ini disebabkan oleh karena masalah pendidika merupakan sebuah masalah kompleks yang tidak dapat diselesaikan hanya dengan memperbaiki satau memanfaatkan salah satu variabel saja namun setidaknya pemanfaat teknologi di dalam pembelajaran dapat menjadi salah satu langkah progresif guna penyelesaian masalah tersebut. Terakhir pengalaman bermakna yang penulis perloleh ialah bagaimana merancangan pembelajaran yang mengintegrasikan penggunaaan perangkat digital di dalam prosesnya. Dimana penulis merancangan pembelajaran fisika dengan memanfaatkan media phet sebagai praktikum virtual yang diakses menggunakan komputer/laptop.

 

Topik 5 :

Topik kelima membahas tentang perangkat web dalam pembelajaran. Pengalaman belajar yang penulis dapatkan selama proses pembelajaran topik ini diantaranya adalah pengetahuan akan jenis-jenis web yang dapat digunakan di dalam pembelajarannya diantaranya ialah youtube, Wikipedia, facebook, teitter, instagram, dan yang paling bermakna bagi penulis ialah pengetahuan akan penggunaan web quiziz yakni sebuah web yang bisanya di gunkan untuk membuat kuis secara online. Selain daripada itu hal bermakna lainnya yang penulis peroleh dari pada pembelajaran pada topik ini ialah bagaimana membuat sebuah video pembelajaran yang pada akhirnya penulis mampu untuk membuat dua video pembelajaran terkait dengan materi fisika.

 

Topik 6 :

Pengalaman belajar dan bermakan yang penulis peroleh dari topik keenam pembelajaran mata kuliah ini yang terkait dengan pembelajaran jarak jauh selain daripada strategi dan media yang dapat digunakan ialah dalam pengimplementasianya seperti zoom, media sosial dll, yang paling utama ialah bagaimana menyusun sebuah rancangan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran yang penulis ampuh yakni mata pelajaran fisika.

 

Topik 7 :

Topik ketujuh sekaligus topik yang terakhir dari pembelajaran mata kuliah teknologi baru dalam pengajaran dan pembelajaran membahas tentang meningkatkan pembelajaran multimedia. Pengalaman belajar yang penulis dapakan dari proses pembelajaran topik ini diantaranya adalah salah satu fugnsi multimedia yang dapat mengkonstualkan hal-hal yang abstrak di dalam materi pelajaran agar peserta didik dapat secara langsung memiliki pengalaman terhadap materi tersebut. Adapun salah satu bentuk pemanfaatan multimedia dengan fungsi tersebut ialah lab virtual. Hal lain yang penulis dapatkan dari proses pembelajaran topik ini ialah terkait dengan literasi visual yang dimana merupakan kemampuan pengamatan seseorang terhadap hal-hal yang berbentuk visual seperti video. Dari pengalaman ini penulis memahami bahwa video dapa menjadi salah media yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemapuan inkuiri peserta didik.

 

Refleksi pengalaman belajar yang dipilih

Refleksi

Refleksi Topik 3

 

Kajian yang tak kalah penting daripada pembahasan tentang teknologi, media, dan pembelajaran menurut hemat penulis ialah terikait bagaiamana penggunaan teknologi, dan media di dalam pembelajaran mampu untuk dapat dimanfaatkan secara efektif. Untuk itu pula bagi penulis topik ketiga dari perkuliahan ini terkait dengan pembahasan teknologi dan media dalam pembelajaran khususnya pengunaan teknologi secara efektif di dalam pembelajaran yang dapat dilakukan dengan menggunakan model ASSURE merupakan topik yang penting oleh sebab dengan mengetahui model ini penulis dapat mengetahui langkah-langkah yang dapat dilakukan agar penggunan atau pemanfaatan teknologi di dalam pembelajaran, fisika khususnya dapat berlangsung secara efektif. Adapun langkah yang penulis lakukan dalam mempelajari dan memperdalan pengetahuan terhadap model ASSURE ini ialah dengan membaca literasi terkait model tersebut pada halaman yang tersedia di eksloprasi konsep pembahsan topik ketika juga dengan mencari informasi lain dari sumber-sumber yang relevan. Hal ini penting dalam pematangan pemahaman penulis terhadap model ASSURE oleh sebab melalui kegiatan literasi mandiri ini penulis dapat memahami sintaks-sintaks yang perlu dilalui dalam pengaplikasian model ini yang tertuang didalam salah satu tugas perkuliahan penulis.

 

 

Analisis artefak pembelajaran

Analisis Artefak

Link Artefak

 

Artefak yang dilampirkan berupa gambar infografis penerapan model ASSURE pada pemanfaatan teknologi di mata pelajar fisika. Pada tahap Analyze Learners, analisis yang dilakukan penulis terhadap penulis ialah dengan memanfaatkan hasil tes diagnostik. Tahap State standards, ialah tahap dimana penulis merumuskan tujuan pembelajaran dimana pencapaiannya dilakukan dengan penggunaan media Phet yakni sebuah lab virtual. Selanjutnya pada tahap Select Strategies and reseources, atau pemilihan strategi penulis, menggunakan model pembelajaran inquiri hal ini oleh karena menurut hemat penulis model ini cocok untuk dipadankan dengan kegiatan praktikum. Utilize resources, penulis memanfaatkan handphone yang hampir semuanya dimiliki oleh peserta didik untuk dijadikan sebagai perangkat teknologi dalam memnggunakan media phet. Pada tahap Require learner participation, untuk menggiring peserta didik berpartisipasi dalam pembelajaran, penulis menyusun sebuah Lembar Kerja Peserta didik atau LKPD yang didalmanya juga berisi panduan untuk melaksanakan kegiatan praktikum. Evaluate and revisi atau tahap evaluasi pelaksanaan, penulis mendaptkan hasil bahwa tidak semua tipe handphone dapat dengan lancar menggunakan aplikasi phet, sehingga hasil ini akan menjadi bahan untuk melakukan revisi pelaksanaan model ASSURE.

 

Pembelajaran bermakna (good practices)

Pembelajaran bermakna yang penulis dapatkan daripada proses perkulihan mata kuliah teknologi baru dalam pengajaran dan pembelajaran ini diantaranya adalah penulis mampu untuk memanfaatkan teknologi dan media di dalam pembelajaran yang implentasinya penulis lakukan pada kegiatan pemebelajaran di sekolah tempat penulis melakukan praktek pengalaman lapangan. Pembelajaran bermakna lainnya ialah penulis mampu untuk dapat membuat sebuah video pembelajaran yang sebelum daripada perkuliahan ini, penulis menilai tidak punya kompetensi dalam hal pembuatan video. Penulis juga berkenalan dan kemudian dapat mengoperasikan situs-situs web yang dapat digunakan untuk meningkatkan pembelajaran yang diantaranya ialah canva dan quiziz. Pada akhirnya pembelajaran bermakan yang penulis peroleh ialah untuk menjadi guru yang benar-benar professional sikap untuk mau belajar perlu terus ditanamkan terhadap insan seorang guru guna peningkaan kualitas pembelajaran yang salah satunya adalah belajar untuk dapat meanfaatkan teknologi dan media di dalam pembelajaran.

 

No comments:

Post a Comment

MODUL AJAR IPA KELAS VIII

PDF