Nama
Matakuliah |
teknologi baru dalam pengajaran dan pembelajaran |
Review pengalaman belajar. |
Topik 1 :
Pengalaman
belajar yang penulis dapatkan pada topik pertama mata kuliah teknologi baru
dalam pengajaran dan pembelaaran yang membahas tentang perkembangan
teknologi, media, dan pembelajaran ialah bagaiaman teknologi dan media ini
terus berkembang seiring perkembangan zaman yang dimulai dari masuknya
komputer pertama ke sekolah pada tahun 1970-an hingga saat ini. Pada topik
ini penulis juga menelaah terkait dengan bagiaman perkembangan teknologi,
media dan pembelajaran khsusnya di Indonesia pada saat sebelum dan setelah
pandemi covid-19 yang dimana mengalami peningkatan signifikan setelah pandemi
dengan pemberlakukan pembelajaran jarak jauh moda daring. Penulis juga
membahas terkait dengan perkembagan teknologi, media dan pembelajaran dengan
dikorelasikan terhadap karaktertik peserta didiik abad 21 dan generasi alpha
yang lebih cenderung aktif dalam penggunaan teknologi dan menyukai
pembelajaran yang berbasis IT. Ø Perkembangan TIK : pengalaman
belajar yang saya dapatkan yaitu saya mengidentifikasi hardware dan software
yang sering kita gunakan. Hardware: Laptop, cpu, Keyboard, mouse,
monitor, flash disk, modem, printer dan speaker Software: Microsoft Office
Word, Excel, PowerPoint, Google Chrome, Mozilla Firefox, Adobe Photoshop,
Corel Draw, dan Aplikasi-aplikasi yang terinstal Ø Mengekplorasi penggunaan TIK
dalam pembelajaran : pengalaman belajar yang saya dapatkan saya
mendeskripsikan keampuan dan perangkat teknologi di sekitar saya tinggal
yaitu di Polewali Mandar, Sulawesi Barat. wilayah
Polewali Mandar teknologi dan akses internet sudah maju, bahkan pada saya SMA
tahun 2013 saya tes masuk menggunakan moodle (e-learning) semua ujian telah
berbasis online bahkan kami disekolah dibiasakan menggunakan akses internet
dalam pembelajaran mencari materi yang ada di sekolah, guru tidak pernah
melarang menggunkan internet untuk keperluan belajar. tugas-tugas bahkan
keseharian kami selalu menggunakan akses internet. Namun ini hanya ada di
sekolah saya, masih banyak daerah termasuk sekolah yang belum atau masih
susah mengakses internet. pada waktu saya KKN berhubung saya KKN masih di
wilayah Polman di sana sudah ada akses internet namun dirumah siswa tidak ada
jaringan internet, untuk telpon seluler sehingga pada saat pandemi (2020)
siswa kewalahan mencari jaringan hingga ke kebun-kebun bahkan hutan demi
mendapatkan jaringan. itulah perbedaan yang sangat terlihat pendidikan di
kota dan di desa. Ø Tahapan dalam mengadopsi dan
menggunakan TIK : Terdapat beberapa tahapan dalam
mengadopsi dan menggunakan TIK, yang terdiri dari Emerging (Muncul)
yaitu sekolah memperkanalkan komputer, Applying (Menerapkan)
denga mulai mengadaptasi kurikulum dalam rangka meningkatkan penggunaan TIK
pada mata pelajaran yang berbeda, Infusing (Menanamkan)
Penanaman TIK pada semua aspek kehidupan profesional guru dengan cara
seperti untuk meningkatkan pembelajaran peserta didik dan pengelolaan
pembelajaran, Transforming (Transformasi)
membawa guru melalui tingkat menanamkan ke titik di mana TIK adalah
alat yang digunakan secara rutin untuk membantu pembelajaran sedemikian rupa
sehingga sepenuhnya terintegrasi di semua kelas Ø Pemanfaatan
Perangkat TIK dalam Pembelajaran Abad ke-21 aplikasi yang saya gunakan dalam
belajar dan mengajar yaitu : word, canva, ppt, youtube, capcut, zoom, google
meet, moodle dan masih banyak lagi sehingga saya dapat membuat tugas saya
ataupun membuat perangkat dan media pembelajaran. Ø Dampak TIK di sekolah, pengajaran
: dampak TIK
di sekolah banyak sekali, yang pertama guru dapat membuat media pembelajaran
yang baik, mengimput nilai dengan cepat, memperoleh bahan ajar, memudahkan
dalam tes/ujian sudah tidak menggunakan kertas, siswa juga dapat memperoleh
materi-materi yang beragam tidak terpaku dengan buku saja. Ø Istilah-istilah baru yang saya pernah mendengar istilah
isilah TIK yaitu : 1) internet of Things (IoT) Penghubungan Perangkat
Elektronik dengan akses internet 2) Big data Sekumpulan data yang memiliki
volume atau ukuran yang sangat besar yang terdiri dari data yang terstruktur.
3) Cyber security adalah suatu aktivitas yang dilakukan agar bisa melindungi
sistem komputer terhadap berbagai serangan ataupun akses yang ilegal. 4)
Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang memperoleh penggabungan secara
real-time terhadap digital konten yang dibuat oleh komputer dengan dunia
nyata. 5) Virtual Reality (VR) adalah suatu teknologi yang memungkinkan
seseorang dapat melakukan simulasi dengan menghadirkan visual dan suasana
tiga dimensi Topik 2 :
Topik
yang kedua membahas tentang lingkungan belajar abad-21. Salah satu pangalaman
belajar bermakna yang penulis dapatkan daripada pembehasaan opik ini ialah
bagaimana lingkungan belajar pada era ini menghendaki terwujudnya guru dan
peserta didik digital. Guru dan pesarta didik gigital disini yang dimaksudkan
adalah bagaiamana di dalam pembelajaran diintegrasikan penggunaan teknologi
dan media. Adapun media disini diklasifikasikan menjadi media berbentuk,
teks, audio, visual, dan video. Selanjutnya dalam proses pembelajaran topik
ini pula penulis diajak untuk mengidentifikasai teknologi, dan media yang
dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran yang salah satunya ialah teknologi
LCD-komputer yang dapat digunakan untuk menjadikan bahan presentasi dari
media powerpoint. Topik 3 : Pengalaman
belajar dan bermakna yang penulis peroleh daripada topik ketiga yang membahas
tentang teknologi dan media untuk pembelajaran yang pertama ialah terkait
dengan prinsip penggunaan teknologi yang efektif di dalam pembelajaran yang
dimana salah satunya dapat dilakukan dengan guru bukan hanya menggunakan
teknologi dan media akan tetapi juga membimbing peserta didik untuk dapat
menggunakan atau memanfaatkan alat-alat tersebut seperti dalam hal
pengumpulan informasi. Pengalaman belajar bermakna kedua yang penulis
dapatkan ialah perihal model ASSURE yang merupakan langkah yang digunakan untuk memastikan pembelajaran
berlangsung efektif yang terdiri atas Analyze
(menganalisis peserta didik), State
standards (merumuskan standard dan tujuan pembelajaran), Select Strategies and reseources
(memilih strategi dan sumber belajar), Utilize
resources (memanfaatkan sumber daya), Require
learner participation (partisipasi peserta didik dalam pembelajaran), dan
Evaluate and revisi (menilai dan
merevisi pembelajaran). Topik 4 : Pemanfaatan perangkat digital, merupakan
pokok bahasan pada topik keempat mata kuliah ini. Pengalaman belajar yang
penulis dapatkan daripada proses pembelajaran topik ini berupa pemahaman
bahwa pemanfaatan perangkat digital di dalam pembelajaran dapat merangsang
peserta didik untuk aktif serta memperkaya pengaksesan informasi bagi peserta
didik. Selain itu pengalam lainnya yang penulis temui pada topik ini ialah
diskusi bersama kelompok teerkait dengan pernyataan bahwa teknologi bukanlah
merupakan obat manjur untuk mengatasi masalah pendidikan yang mendapatkan
kesimpulan bahwa hal ini disebabkan oleh karena masalah pendidika merupakan
sebuah masalah kompleks yang tidak dapat diselesaikan hanya dengan
memperbaiki satau memanfaatkan salah satu variabel saja namun setidaknya
pemanfaat teknologi di dalam pembelajaran dapat menjadi salah satu langkah
progresif guna penyelesaian masalah tersebut. Terakhir pengalaman bermakna
yang penulis perloleh ialah bagaimana merancangan pembelajaran yang
mengintegrasikan penggunaaan perangkat digital di dalam prosesnya. Dimana
penulis merancangan pembelajaran fisika dengan memanfaatkan media phet
sebagai praktikum virtual yang diakses menggunakan komputer/laptop. Topik 5 : Topik kelima membahas tentang perangkat web
dalam pembelajaran. Pengalaman belajar yang penulis dapatkan selama proses pembelajaran
topik ini diantaranya adalah pengetahuan akan jenis-jenis web yang dapat
digunakan di dalam pembelajarannya diantaranya ialah youtube, Wikipedia,
facebook, teitter, instagram, dan yang paling bermakna bagi penulis ialah
pengetahuan akan penggunaan web quiziz yakni sebuah web yang bisanya di
gunkan untuk membuat kuis secara online. Selain daripada itu hal bermakna
lainnya yang penulis peroleh dari pada pembelajaran pada topik ini ialah
bagaimana membuat sebuah video pembelajaran yang pada akhirnya penulis mampu
untuk membuat dua video pembelajaran terkait dengan materi fisika. Topik 6 : Pengalaman belajar dan bermakan yang
penulis peroleh dari topik keenam pembelajaran mata kuliah ini yang terkait
dengan pembelajaran jarak jauh selain daripada strategi dan media yang dapat
digunakan ialah dalam pengimplementasianya seperti zoom, media sosial dll,
yang paling utama ialah bagaimana menyusun sebuah rancangan pelaksanaan
pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran yang penulis ampuh yakni mata pelajaran
fisika. Topik 7 : Topik ketujuh sekaligus topik yang terakhir
dari pembelajaran mata kuliah teknologi baru dalam pengajaran dan
pembelajaran membahas tentang meningkatkan pembelajaran multimedia.
Pengalaman belajar yang penulis dapakan dari proses pembelajaran topik ini
diantaranya adalah salah satu fugnsi multimedia yang dapat mengkonstualkan
hal-hal yang abstrak di dalam materi pelajaran agar peserta didik dapat
secara langsung memiliki pengalaman terhadap materi tersebut. Adapun salah
satu bentuk pemanfaatan multimedia dengan fungsi tersebut ialah lab virtual.
Hal lain yang penulis dapatkan dari proses pembelajaran topik ini ialah
terkait dengan literasi visual yang dimana merupakan kemampuan pengamatan
seseorang terhadap hal-hal yang berbentuk visual seperti video. Dari
pengalaman ini penulis memahami bahwa video dapa menjadi salah media yang
dapat digunakan untuk meningkatkan kemapuan inkuiri peserta didik. |
Refleksi pengalaman belajar yang dipilih |
Refleksi Refleksi Topik 3 Kajian yang tak kalah penting daripada
pembahasan tentang teknologi, media, dan pembelajaran menurut hemat penulis
ialah terikait bagaiamana penggunaan teknologi, dan media di dalam
pembelajaran mampu untuk dapat dimanfaatkan secara efektif. Untuk itu pula
bagi penulis topik ketiga dari perkuliahan ini terkait dengan pembahasan
teknologi dan media dalam pembelajaran khususnya pengunaan teknologi secara
efektif di dalam pembelajaran yang dapat dilakukan dengan menggunakan model
ASSURE merupakan topik yang penting oleh sebab dengan mengetahui model ini
penulis dapat mengetahui langkah-langkah yang dapat dilakukan agar penggunan
atau pemanfaatan teknologi di dalam pembelajaran, fisika khususnya dapat
berlangsung secara efektif. Adapun langkah yang penulis lakukan dalam
mempelajari dan memperdalan pengetahuan terhadap model ASSURE ini ialah
dengan membaca literasi terkait model tersebut pada halaman yang tersedia di
eksloprasi konsep pembahsan topik ketika juga dengan mencari informasi lain
dari sumber-sumber yang relevan. Hal ini penting dalam pematangan pemahaman
penulis terhadap model ASSURE oleh sebab melalui kegiatan literasi mandiri
ini penulis dapat memahami sintaks-sintaks yang perlu dilalui dalam
pengaplikasian model ini yang tertuang didalam salah satu tugas perkuliahan
penulis. |
Analisis artefak pembelajaran |
Analisis Artefak Link Artefak Artefak yang dilampirkan berupa gambar
infografis penerapan model ASSURE pada pemanfaatan teknologi di mata pelajar
fisika. Pada tahap Analyze Learners,
analisis yang dilakukan penulis terhadap penulis ialah dengan memanfaatkan
hasil tes diagnostik. Tahap State
standards, ialah tahap dimana penulis merumuskan tujuan pembelajaran
dimana pencapaiannya dilakukan dengan penggunaan media Phet yakni sebuah lab
virtual. Selanjutnya pada tahap Select
Strategies and reseources, atau pemilihan strategi penulis, menggunakan
model pembelajaran inquiri hal ini oleh karena menurut hemat penulis model
ini cocok untuk dipadankan dengan kegiatan praktikum. Utilize resources, penulis memanfaatkan handphone yang hampir
semuanya dimiliki oleh peserta didik untuk dijadikan sebagai perangkat
teknologi dalam memnggunakan media phet. Pada tahap Require learner participation, untuk menggiring peserta didik
berpartisipasi dalam pembelajaran, penulis menyusun sebuah Lembar Kerja
Peserta didik atau LKPD yang didalmanya juga berisi panduan untuk
melaksanakan kegiatan praktikum. Evaluate
and revisi atau tahap evaluasi pelaksanaan, penulis mendaptkan hasil
bahwa tidak semua tipe handphone dapat dengan lancar menggunakan aplikasi
phet, sehingga hasil ini akan menjadi bahan untuk melakukan revisi
pelaksanaan model ASSURE. |
Pembelajaran bermakna (good practices) |
Pembelajaran bermakna yang penulis dapatkan
daripada proses perkulihan mata kuliah teknologi baru dalam pengajaran dan
pembelajaran ini diantaranya adalah penulis mampu untuk memanfaatkan
teknologi dan media di dalam pembelajaran yang implentasinya penulis lakukan
pada kegiatan pemebelajaran di sekolah tempat penulis melakukan praktek
pengalaman lapangan. Pembelajaran bermakna lainnya ialah penulis mampu untuk
dapat membuat sebuah video pembelajaran yang sebelum daripada perkuliahan
ini, penulis menilai tidak punya kompetensi dalam hal pembuatan video.
Penulis juga berkenalan dan kemudian dapat mengoperasikan situs-situs web
yang dapat digunakan untuk meningkatkan pembelajaran yang diantaranya ialah
canva dan quiziz. Pada akhirnya pembelajaran bermakan yang penulis peroleh
ialah untuk menjadi guru yang benar-benar professional sikap untuk mau
belajar perlu terus ditanamkan terhadap insan seorang guru guna peningkaan
kualitas pembelajaran yang salah satunya adalah belajar untuk dapat
meanfaatkan teknologi dan media di dalam pembelajaran. |
No comments:
Post a Comment