Monday, October 23, 2023

COMPUTATIONAL THINGKING; LEMBAR KERJA MAHASISWA 2.3.2

 

LEMBAR KERJA MAHASISWA

 

Nama                     :    Nur Ainun Fadhilah Idris

Rumpun Ilmu         :    MIPA

Mata Kuliah           :    Computational Thingking

 

 

1.      Sampai saat ini, Anda sudah mendapatkan contoh-contoh implementasi CT dalam kehidupan sehari-hari. Dalam contoh-contoh tersebut, dapat dilihat bahwa CT dapat diterapkan dengan ataupun tanpa menggunakan “komputer”. Tuliskanlah hal atau persoalan apa yang zaman sekarang tidak memakai “komputer”, TIK, dan robot tapi membutuhkan CT!

 

Contoh sederhana banyak yang dapat kita temui di kehidupan sehari-hari dalam hal memasak, mencuci, mengerjakan tugas dan masih banyak contoh dalam kehidupan sehari-hari tanpa menggunakan komputer, TIK dan robot.

Contoh berpikir komputasional dengan cara dekomposisi misalnya adalah ketika negara hendak menyelesaikan masalah ekonomi, maka membuat rencana atau solusi jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. 

Contoh berpikir komputasional dengan metode pengenalan pola ini misalnya, seorang ibu belajar memahami kapan, pada jam berapa, atau saat dalam kondisi apa anaknya akan rewel. Berdasarkan pengalaman pada waktu-waktu sebelumnya, ibu tersebut akhirnya mengetahui waktu atau kondisi yang membuat anaknya menjadi rewel.Dari sana, sang ibu tersebut akhirnya menemukan cara agar si anak tidak lagi rewel. 

Contoh berpikir komputasional dengan metode abstraksi adalah ketika seseorang ingin membuat sebuah kursi dari kayu. Kemudian ia mengambil beberapa batang kayu yang cocok dijadikan bahan kursi dari tumpukan berbagai jenis dan bentuk kayu.

Contoh berpikir komputasional dengan metide algoritma adalah ketika kita hendak mengirim pesan singkat atau chat melalui WhatsApp pada seseorang.  Kita memahami bahwa langkah-langkahnya adalah membuka aplikasi WA, mencari letak percakapan dengan orang tersebut, kemudian mengetik pesan yang ingin kita sampaikan, lalu mengirimnya. 

 

2.      Tuliskan dan jelaskan minimal satu contoh penerapan untuk masing-masing fondasi CT dalam kehidupan sehari-hari! Contoh yang Anda berikan dapat mengandung lebih dari satu fondasi.

 

Mencuci pakaian

  1. Dekomposisi. Pada awal ini menentukan hingga mengelompokan pakaian berbagai jenis sendiri yang akan di cuci, menyiapkan alat cuci hingga ember dan memahami proses pencucian.
  2. Pengenalan pola. Mengetahui pola dalam mencuci pakaian dari memilah pakaian untuk dicuci, memperkirakan detergen dan air yang akan dibutuhkan.
  3. Abstraksi. Setelah mengetahui berbagai pakaian yang kotor akan dilanjutkan dengan memahami pakaian yang kotor, menyatukan pakaian hingga mencucinya dan menjemurnya.
  4. Algoritma. Setelah mengetahui langkah di atas dari pemecahan mencuci pakaian dari memilah pakaian, menyiapkan alat, mencuci hingga menjemur

 

No comments:

Post a Comment

MODUL AJAR IPA KELAS VIII

PDF