Monday, October 23, 2023

PPA II (SIKLUS 2 KONEKSI ANTAR MATERI)


Tebel 1. Refleksi Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran

Komponen RPP

         Kelebihan

Kekurangan

Rencana Pebaikan

RPP dengan muatan budaya

Dengan mengintegrasikan budaya kedalam pembelajaran, menjadikan pembelajaran lebih konstestual bagi peserta didik

Belum ada

Memaksimalkan kelebihan pada pengintegrasian budaya

Model Pembelajaran yang dipilih

Model pembelajaran problem based learning (PBL) yang dipilih dapat memantik semangat dan minat belajar peserta didik sebab peserta didik diminta untuk memberikan solusi terhadap ganggguan pada sistem ekskresi degann mengintegrasikan obat-obat tradisional atau pengobatan alternatif

Peserta didik akan sulit mencari sumber-sumber yang valid dan relavan terkait solusi yang akan diberikan

Menyediakan atau mengarahkan kepada peserta didik sumber-sumber yang relevan dan valid terlebih dahulu untuk digunakan sebagai literature penyelesaian masalah

Bahan ajar

Bahan ajar yang disusun telah baik dengan menyertakan materi ajar secara keselurahan serta gambar-gambar ilustrasi,.

Belum ada

Memaksimalkan penyusunan bahan ajar

LKPD

LKPD yang disusun telah susuai sintaks pembelajaran serta disusun dengan tampilan yang menarik bagi peserta didik

Belum ada

Memaksimalkan penyusunan LKPD yang menarik bagi peserta didik

Jenis Asesmen

Asesmen yang dirancang juga telah sesuai untuk mengukur ketercapaian tujun pembelajaran

Stimulus soal masih kurang untuk mengarahkan peserta didik memahami konsep pembelajaran secara utuh

Menyusun asesmen dengan stimulus yang baik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tabel 2. Rencana Tidak Lanjut

No

Program

Tujuan Kegiatan

Waktu dan tempat

Pihak yang terlibat

Sasaran

Hasil yag diharapkan

1.

Mengidentifikasi karakteristik materi ajar

Mengetahui karakteristik materi ajar untuk dapat dipadukan dengan unsur budaya setempat

Sebelum pelaksanaan pembelajaran

Guru

Guru

Guru dapat memahami karakteristik materi ajar

2.

Mengidentifikasi karakteristik peserta didik

Mengetahui karakteristik peserta didik terutama berkaitan dengan asal, kemampuan, minat, dan lain sebagainya

Sebelum pelaksanaan pembelajaran

Guru dan peserta didik

Guru dan peserta didik

Guru dapat mengetahui karakteristik peserta didik di kelas yang akan dilakukan pembelajaran

3.

Mengidentifikasi model pembelajaran

Mengetahui model pembelajaran yang tepat pada materi ajar serta budaya yang akan diintegrasikan

Sebelum pelaksanaan pembelajaran

Guru

Guru

Guru dapat menentukan model pembelajaran yang tepat untuk digunakan dalam membejarkan materi ajar dan pengintegrasian unsur budaya

4.

Menyusun bahan ajar

Menyusun bahan ajar yang lengkap dan menarik serta menyertakan sumber yang valid dan relevan sebagai literature kepada peseta didik

Sebelum pelaksanaan pembelajaran

Guru

Guru

Guru dapat menyusun bahan ajar yang lengkap dan menarik bagi peserta didik  salah satunya dengan menyertakan video pembelajaran serta mencari literature yang valid dan relevan untuk menjadi bahan bacaan peserta didik

5.

Menyusun LKPD

Menyusun LKPD yang sesuai model pembelajaran yang digunakan dengan mengangkat masalah yang terintegrasi dengan unsur budaya

Sebelum pelaksanaan pembelajaran

Guru

Guru

Guru dapat menyusun LKPD yang sesuai model pembelajaran yang digunakan serta mengangkat masalah yang berkaitan dengan unur budaya setempat dan meletakannya diawal lembar LKPD

6.

Menyusun Langkah Kegiatan Pembelajaran

Menyusun langkah kegiatan pembelajaran sesuai dengan sintaks model pembelajaran

Sebelum pelaksanaan pembelajaran

Guru

Guru

Guru dapat menyusun langkah kegiatan pembelajaran sesuai dengan sintaks model pembelajaran

7.

Menyusun Asesmen

Menyusun asesmen dengan soal yang memiliki stimulus yang baik

Sebelum pelaksanaan pembelajaran

Guru

Guru

Guru dapat menyusun asesmen dengan soal yang memiliki stimulus yang baik

 

Tebel Bantuan pelaksanaan RTL

Materi belum tuntas

Karakteristik peserta didik

Karakteristik muatan budaya

Karakteristik materi

Sistem Reproduksi

Peserta didik yang menjadi target pembelajaran merupakan peserta didik yang tinggal di Kota Gorontalo yang mayarotitas beragama islam

Salah satu budaya yang ada pada masyarakat muslim Gorontalo ialah adat Moluuna adalah upacara khitan (sunat) bagi anak laki-laki di Gorontalo  yang dilakukan kepada anak usia berusia 10 sampai 12 tahun, dan sudah tamat mengaji.

Salah satu sub materi di dalam materi ajar sistem reproduksi adalah tentang gangguan pada sistem reproduksi. Sub materi ini akan berkaitan dengan tradisi Moluuna atau upacara Khitan/sunat yang pada esensinya ialah agar alat kelamin pria menjadi bersih dan terhidar dari penyakit

 


 


No comments:

Post a Comment

MODUL AJAR IPA KELAS VIII

PDF