LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
PETUNJUK PENGERJAAN LKPD
1. Berdoa lah sebelum
mengerjakan LKPD
2. Membaca materi yang tertera
di LKPD dan buku rujukan yang tertera di
SIPEJAR, serta literatur yang terkait dengan materi.
3. Mengerjakan
dengan tertib.
4. Diskusikan
bersama teman kelompok.
5. Presentasikan
di ruang diskusi SIPEJAR berdasarkan instruksi dari pengajar.
Sub
Pokok :
Intermediet
Kelas/Semester : XII
MIPA/Ganjil
Pertemuan :
Alokasi Waktu : 90 menit
Nama anggota
kelompok : 1………………………………………………
2………………………………………………
3………………………………………………
4………………………………………………
5………………………………………………
Tujuan
Melalui percobaan persilangan, peserta didik mampu menghitung probabilitas
pada persilangan intermediet dengan tepat
A.
Coba perhatikan mahluk hidup
di sekitar anda, baik hewan maupun tumbuhan. Amati secara seksama bagaimana
perbedaan sifat yang ada pada hewan atau tumbuhan tersebut. Misalnya pada
tumbuhan bunga pukul empat, anda dapat memperhatikan perbedaan warna kelopak
bunga. Ada yang berwarna merah, putih dan mungkin merah muda. Tahu kah Anda,
bahwa perbedaan sifat pada mahluk hidup merupakan ekspresi dari gen yang
berbeda dan se-alel. Jika anda mengingat kembali pelajaran sebelumnya mengenai
pembelahan sel (meiosis), maka Anda akan mudah menjelaskan alasan mengapa
mahluk hidup bisa membawa salah satu sifat dari kedua induknya atau pada
beberapa kasus Anda akan menemukan sifat intermediet yang diwariskan oleh induk
ke anaknya. Pada konteks yang lebih luas, anda dapat mengamati perbedaan mata
pada manusia, model rambut, tinggi badan, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu,
pelajaran ini sangat penting sebagai dasar untuk memahami pola pewarisan sifat
pada mahluk hidup yang mungkin juga dapat membantu Anda membuat klasifikasi
garis keturunan mahluk hidup.
B.
Organisasi Belajar
Baca
Materi berikut
C. Melakukan Penyelidikan
Rumusan Masalah
Masalah:
1.
Seorang
petani memiliki tanaman mawar berwarna kuning dengan genotype (KK) dan putih
dengan genotype (kk). Tanaman tersebut bersifat intermediet antara satu dengan
yang lain. Setiap kali petani menyilangkan tanaman berwarna kuning dengan
putih, perbandingan fenotip dari bunga tersebut adalah 1:2:1. Berikan solusi
anda terhadap petani jika petani tersebut ingin memperoleh hasil persilangan
dengan perbandingan 1 (kuning muda) : 1 (putih).
2.
Pengumpulan data
Cari lah informasi mengenai
penyilangan intermediet, kemudian lakukan lah percobaan penyilangan!
........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
D.
Buatlah solusi berdasarkan hasil temuan yang anda peroleh dari percobaan/kajian
literatur.
........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
........................................................................................................................................
“Presentasikan hasil pengerjaan LKPD di depan kelas”
No comments:
Post a Comment