Monday, October 23, 2023

LKPD PBL PERSILANGAN INTERMEDIET


DOWLOAD LKPD

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

PETUNJUK PENGERJAAN LKPD

 

1.       Berdoa lah sebelum mengerjakan LKPD

2.       Membaca materi yang tertera di LKPD dan buku rujukan yang tertera di SIPEJAR, serta literatur yang terkait dengan materi.

3.       Mengerjakan dengan tertib.

4.       Diskusikan bersama teman kelompok.

5.       Presentasikan di ruang diskusi SIPEJAR berdasarkan instruksi dari pengajar.

 

Mata Pelajaran                                   : Fisiologi Tumbuhan

Sub Pokok                                           : Intermediet

Kelas/Semester                                   : XII MIPA/Ganjil

Pertemuan                                           :

Alokasi Waktu                                     : 90 menit      

Nama anggota kelompok                     :  1………………………………………………

                                                                2………………………………………………

                                                                3………………………………………………

                                                                4………………………………………………

                                                                5………………………………………………

 

 

Tujuan

Melalui percobaan persilangan, peserta didik mampu menghitung probabilitas pada persilangan intermediet dengan tepat

 

A.       Orientasi Pada Masalah

Coba perhatikan mahluk hidup di sekitar anda, baik hewan maupun tumbuhan. Amati secara seksama bagaimana perbedaan sifat yang ada pada hewan atau tumbuhan tersebut. Misalnya pada tumbuhan bunga pukul empat, anda dapat memperhatikan perbedaan warna kelopak bunga. Ada yang berwarna merah, putih dan mungkin merah muda. Tahu kah Anda, bahwa perbedaan sifat pada mahluk hidup merupakan ekspresi dari gen yang berbeda dan se-alel. Jika anda mengingat kembali pelajaran sebelumnya mengenai pembelahan sel (meiosis), maka Anda akan mudah menjelaskan alasan mengapa mahluk hidup bisa membawa salah satu sifat dari kedua induknya atau pada beberapa kasus Anda akan menemukan sifat intermediet yang diwariskan oleh induk ke anaknya. Pada konteks yang lebih luas, anda dapat mengamati perbedaan mata pada manusia, model rambut, tinggi badan, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, pelajaran ini sangat penting sebagai dasar untuk memahami pola pewarisan sifat pada mahluk hidup yang mungkin juga dapat membantu Anda membuat klasifikasi garis keturunan mahluk hidup. 

B.        Organisasi Belajar

Baca Materi berikut

 Jika sifat gen dominan tidak penuh (intermediet), maka fenotif individu F1 tidak seperti salah satu fenotif induk galur murni, melainkan mempunyai sifat fenotif diantara kedua induknya. Demikian pula perbandingan fenotif F2 nya tidak 3 : 1, melainkkan 1 : 2 : 1, sama dengan perbandingan genotif F2 nya. Coba perhatikan diagram persilangan monohybrid diantara Mirabillis jalapa merah galur murni dengan genotif MM dengan tanaman Mirabillis jalapa berbunga putih galur murni dengan genotif mm di samping

C.       Melakukan Penyelidikan

Rumusan Masalah

Masalah:

1.          Seorang petani memiliki tanaman mawar berwarna kuning dengan genotype (KK) dan putih dengan genotype (kk). Tanaman tersebut bersifat intermediet antara satu dengan yang lain. Setiap kali petani menyilangkan tanaman berwarna kuning dengan putih, perbandingan fenotip dari bunga tersebut adalah 1:2:1. Berikan solusi anda terhadap petani jika petani tersebut ingin memperoleh hasil persilangan dengan perbandingan 1 (kuning muda) : 1 (putih).

 

2.         Pengumpulan data

Cari lah informasi mengenai penyilangan intermediet, kemudian lakukan lah percobaan penyilangan!

........................................................................................................................................

.........................................................................................................................................

.........................................................................................................................................

........................................................................................................................................

........................................................................................................................................

........................................................................................................................................

 

D.       Solusi

 

Buatlah solusi berdasarkan hasil temuan yang anda peroleh dari percobaan/kajian literatur.

........................................................................................................................................

.........................................................................................................................................

.........................................................................................................................................

........................................................................................................................................

........................................................................................................................................

........................................................................................................................................

 

“Presentasikan hasil pengerjaan LKPD di depan kelas”

 


No comments:

Post a Comment

MODUL AJAR IPA KELAS VIII

PDF