Monday, October 23, 2023

COMPUTATIONAL THINGKING ; KONEKSI ANTAR MATERI TOPIK 1

 

1.      Hubungan daripada computational thinking dengan kehidupan sehari-hari penulis dapat dicontohkan seperti pada saat penulis bermain playstation khususnya pada saat memainkan game sepak bola bersama teman. Untuk dapat mencetak gol, menjaga kebobolan dan memenangkan permainana, penulis tentu melalukan strategi-stretagi yang diperlukan untuk mencapai hal tersebut. Strategi-strategi ini diperoleh daripada pengenalan pola permainan yang dilakukan penulis terhadap lawan hingga kemudian menemukan langkah yang paling tepat untuk dapat mencapai tujuan yakni memenangkan permainan. Langkah-langkah peroleha strategi ini menurut hemat penulis merupakan bagian dariapda pragmatiksasi computational thinking. Terdapat beberapa juga contoh-contoh lain daripada hubungan CT dengan kehidupan sehari-hari penulis seperti dengan pengimplementasian CT penulis mampu untuk dapat menyelesaikan pekerjaan yang sama dalam waktu yang kuranglebih bersamaan. Seperti misalkan penulis disuatu hari akan mengikuti latihan sepak bola namun dihari yang sama penulis diminta oleh orang tua untuk membantu pekerjaan di kebun. Implementasi CT disini penulis lakukan dengan menganalisis keadaan, seperti pukul berapa latihan sepak bola akan dimulai, dana pa saja pekerjaan di kebun yang harus diselesaikan. Kemudian menyusun rencana agar kedua pekerjaan tersebut dapat terselesaikan semuanya.

 

2.      Tentu! CT dapat diterapkan pada segala bidang termasuk pada mata pelajaran yang akan diajarkan disekolah, apalagi menurut penulis pada bidang fisika penerapan CT sangat diperlukan baik oleh guru dan terlebih khsusus peserta didik. Seperti misalnya guna menyelesaikan suatu masalah yang disajikan oleh guru dengan menggunakan model PBL. Peserta didik perlu menerapkan CT agar dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan tepat sehingga dapat menghasilakn solusi yang terbaik. Penerapaan CT dalam masalah-masalah fisika seperti dengan mengidentifikasi unsur-unsur yang menyebakan permasalah, mengidentifikasi variabel-variabel yang tersedia, serta apa yang menjadi masalah kemudian menyususn sebuah langkah strategis untuk dapat menyelesaikan masalah berdasarkan pengetahuan-pengetahuan yang diperoleh sebelumnya terkait penyelesaiaan soal/masalah pada sebuah topik pembahasan.

No comments:

Post a Comment

MODUL AJAR IPA KELAS VIII

PDF