1. Hubungan
daripada computational thinking dengan kehidupan sehari-hari penulis dapat
dicontohkan seperti pada saat penulis bermain playstation khususnya pada saat memainkan game sepak bola bersama
teman. Untuk dapat mencetak gol, menjaga kebobolan dan memenangkan permainana,
penulis tentu melalukan strategi-stretagi yang diperlukan untuk mencapai hal
tersebut. Strategi-strategi ini diperoleh daripada pengenalan pola permainan
yang dilakukan penulis terhadap lawan hingga kemudian menemukan langkah yang paling
tepat untuk dapat mencapai tujuan yakni memenangkan permainan. Langkah-langkah
peroleha strategi ini menurut hemat penulis merupakan bagian dariapda
pragmatiksasi computational thinking. Terdapat
beberapa juga contoh-contoh lain daripada hubungan CT dengan kehidupan
sehari-hari penulis seperti dengan pengimplementasian CT penulis mampu untuk
dapat menyelesaikan pekerjaan yang sama dalam waktu yang kuranglebih bersamaan.
Seperti misalkan penulis disuatu hari akan mengikuti latihan sepak bola namun
dihari yang sama penulis diminta oleh orang tua untuk membantu pekerjaan di
kebun. Implementasi CT disini penulis lakukan dengan menganalisis keadaan,
seperti pukul berapa latihan sepak bola akan dimulai, dana pa saja pekerjaan di
kebun yang harus diselesaikan. Kemudian menyusun rencana agar kedua pekerjaan
tersebut dapat terselesaikan semuanya.
2. Tentu!
CT dapat diterapkan pada segala bidang termasuk pada mata pelajaran yang akan
diajarkan disekolah, apalagi menurut penulis pada bidang fisika penerapan CT
sangat diperlukan baik oleh guru dan terlebih khsusus peserta didik. Seperti
misalnya guna menyelesaikan suatu masalah yang disajikan oleh guru dengan
menggunakan model PBL. Peserta didik perlu menerapkan CT agar dapat
menyelesaikan masalah tersebut dengan tepat sehingga dapat menghasilakn solusi
yang terbaik. Penerapaan CT dalam masalah-masalah fisika seperti dengan
mengidentifikasi unsur-unsur yang menyebakan permasalah, mengidentifikasi
variabel-variabel yang tersedia, serta apa yang menjadi masalah kemudian
menyususn sebuah langkah strategis untuk dapat menyelesaikan masalah
berdasarkan pengetahuan-pengetahuan yang diperoleh sebelumnya terkait
penyelesaiaan soal/masalah pada sebuah topik pembahasan.
No comments:
Post a Comment