Monday, October 23, 2023

COMPUTATIONAL THINGKING; KONEKSI ANTAR MATERI DAN AKSI NYATA TOPIK 2

 

Capaian Pembelajaran Computational Thinking fase F:

Pada akhir fase F, peserta didik mampu menganalisis beberapa strategi algoritmik secara kritis dalam menghasilkan banyak alternatif solusi untuk satu persoalan dengan memberikan justifikasi efisiensi, kelebihan, dan keterbatasan dari semua alternatif solusi, kemudian memilih dan menerapkan solusi terbaik, paling efisien, dan optimal dengan merancang struktur data yang lebih kompleks dan abstrak.

Capaian Pembelajaran Biologi fase F:

Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kemampuan mendeskripsikan bioproses yang terjadi dalam sel, dan menganalisis keterkaitan struktur organ pada sistem organ dengan fungsinya serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ tersebut. Selanjutnya peserta didik memiliki kemampuan menerapkan konsep pewarisan sifat, pertumbuhan dan perkembangan dalam kehidupan sehari-hari dan mengevaluasi gagasan baru mengenai evolusi. Konsep-kosep yang dipelajari diterapkan untuk memecahkan masalah kehidupan yang diselesaikan dengan keterampilan proses secara mandiri hingga menciptakan ide atau produk untuk mengatasipermasalah tersebut. Melalui keterampilan proses juga dibangun sikap ilmiah dan profil pelajar pancasila.

 

Konektivitas:

Dari dua narasi CP CT dan mata pelajaran fisika fase F diatas dapat ditarik satu kesimpulan bahwa konektivitas antar kedua CP tersebut adalah pada proses pemecahan masalah. Sebagaimana yang ada pada CP Biologi bahwa pada materi kelainan dan gaungguan dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah pada sistem organ manusia, dijelaskan juga pada konsep-konsep yang dipelajari diterapkan untuk memecahkan masalah kehidupan yang diselesaikan dengan keterampilan proses secara mandiri hingga menciptakan ide atau produk untuk mengatasipermasalah tersebut. Melalui keterampilan proses juga dibangun sikap ilmiah dan profil pelajar Pancasila, disinilah CP CT dapat diintegrasikan dimana dalam proses pemecahan masalah, peserta didik dapat menggunakan atau mampu mencapai CP CT yang sebagaimana tertulis diatas.

 

 

1. Bagaimana perasaan Anda saat menelaah lebih lanjut mengenai CP CT dalam pertemuan kuliah ini?
Dengan menelaah CP CT terutama pada fase kelas yang saya ampuh, saya merasa tertantang untuk dapat menintegrasikan CT ini sendiri di dalam pembelajaran dan dalam menyusun perangkat nantinya 



2. Tuliskan pengetahuan-pengetahuan baru yang Anda dapatkan dari pertemuan ini.
Pengetahuan-pengetahun baru yang penulis dapakan melalui pembahasan topik ini adalah CT bukan hanya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari melainkan CT juga dapat di implementasikan dalam pembelajaran dan CT telah di tuangkan di dalam CP pada setiap fase

No comments:

Post a Comment

MODUL AJAR IPA KELAS VIII

PDF