Tuesday, October 24, 2023

DESAIN INVENSI/INOVASI PEMBELAJARAN DAN RENCANA TINDAK LANJUT

 

"STEM WEEK : Penerapan Model Pembelajaran PJBL Berbasis STEM dengan Mengintegrasikan Compitational Thingking (CT) dan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada Materi Bioteknologi"

Pengalaman yang paling bermakna (best practise)

Bagi penulis, pengalaman yang paling bermakna yang didapatkan selama proses perkulihan semester ini ialah pengalaman pada proses pembelajaran mata kuliah computational thingking (disingkat CT). CT sendiri merupakan proses atau metode berpikir dalam memformulasikan persoalan atau menyusun strategi penyelesaian guna menghasilkan solusi yang efektif, efisien, dan optimal. CT sendiri terbangun atas empat fondasi utama yakni dekomposisi yang merupakan penguraian persoalan, pengenalan pola, abstraksi yang merupakan proses eliminasi, serta algoritma atau rancangan penyelesaian. Adapun beberapa topik yang dibahas pada perkuliahan ini diantaranya ialah integrasi ke dalam proyek STEM dan mata pelajaran. Kedua topik ini memberikan pengalaman yang palung bermakna bagi penulis, oleh sebab darisini penulis mendapatkan gambaran yang nyata terkait bagaimana mengintegrasikan CT ke dalam pembelajaran di dalam kelas sehingga selama proses pembelajaran, peserta didik tidak hanya belajar tetang materi ajar tetapi pula belajar untuk melatih kemapuan berpikir mereka dalam menyelesaikan masalah

Desain invensi atau inovasi

Desain inovasi yang dibuat berdasarkan pengalaman paling bermakan yang dipilih penulis ialah “STEM WEEK” yakni pekan pembelajaran berbasis STEM.

Desain ini akan berisikan lesson plan dan LKPD berbasis STEM yang aktivitas-aktivitas pembelajarannya dilakukan dengan mengintegrasikan komponen-komponen computational thingking dan metode pembelajaran Project Based Learning atau PjBL.

Sebagaimana karakteristik sintak model pembelajaran PjBL, desain ini berisikan aktivitas pembelajaran peserta melalui proyek dengan pendekatan STEM atau Science Tecnology Enggenering, dan Mathematics, yang kegiatan-kegiatannya dimulai dari proses orientasi masalah, mendesaian proyek, menyepakati jadwal, monitoring, hingga pengujian hasil proyek. Aktivitas-aktivitas ini selanjutnya diintegrasikan dengan komponen-komponen computational thingking pada proyek STEM yang termuat di dalam Lembar Kerja Peserta Didik atau LKPD.

Ide “STEM WEEK” hadir oleh karena kegiatan ini tidak hanya dilakukan pada satu pertemuan akan tetapi akan dilakukan pada 3-4 pertemuan selain itu kegiatan pada desain ini ialaha pembuatan proyek roket air yang dimana akan mengintegrasikan hamper seluruh bab materi materi pembelajarak kelas XI semester 1, sehingga desain ini dirancang untuk dilakukan pada akhir akhir semester sebagai proyek atau pembelajaran akhir semester peserta didik.

Desain ini terbilang sebuah inovasi oleh sebab langkah kegiatannya yang mengintegrasikan komponen-komponen computational thingking meskipun mungkin proyek roket air ini telah dibuat sebelumnya akan tetapi pengintegrasian CT kegalam aktivitas kegiatannya terbilang suatu hal yang baru di dalam dunia pendidikan dan pembelajaran kita. Di akhir daripada proyek ini juga peserta didik akan diarahkan untuk mengikuti lomba roket air antar kelompok yang desainnya akan mengintegtasikan komponen-komponen dasar CT untuk dapat diuraikan oleh peserta didik sekaligus sebagaimana bagian pengukuran terhadap penguasaan konsep CT peserta didik.

Selain itu, pengimplementasian proyek STEM selama ini masih menjadi tantangan tersendiri bagi guru di sekolah karena pelaksanaannya yang memakan waktu, sedang kenyataan di sekolah yang ada saat ini guru lebih berfokus untuk menyelesaikan materi ajar  karena tuntutan kurikulum, ketimbang melakukan inovasi-inovasi seperti proyek STEM ini. Dengan beralihnya kurikulum menuju kurikulum merdeka yang lebih menekankan pada pengajaran materi-materi esensial, diharapkan Desain proyek STEM ini dapat diterapkan di dalam kelas guna meningkatkan pemahaman konsep, kebahagian, serta bekal peserta didik menghadapi tantangan zaman kedepannya. Sekali dayung dua-tiga pulau terlampaui.

Rencana tindak lanjut

Desain inovasi ini akan diimplementasikan di dalam kelas pada mata pelajaran fisika khususnya pada satu minggu di akhir semester sekaligus menjadi proyek akhir kelas XI semester 1. Adapun mengenai jadwal pelaksanaan menyesuaikan dengan jadwal pada satuan pendidikan tempat dimana desain ini akan diimplenetasikan.

Jika kegiatan mengajar mahasiswa masih terintegrasi dengan sistem pamong, maka terlebih dahulu desain ini akan di diskusikan dengan guru pamong di sekolah tempat dimana mahasiswa melakukan kegiatan pengajaran.

 

No comments:

Post a Comment

MODUL AJAR IPA KELAS VIII

PDF