Nama/NIM : Nur Ainun Fadhilah Idris Jenjang/mata pelajaran yang diampu: SMA/Biologi Kode soal :
SEL.09.2-T3-4 D Judul soal :
BATU HITAM DAN BATU PUTIH |
||
No. |
Pertanyaan |
Jawaban |
1. |
Tuliskan solusi
untuk soal ini ! |
3 batu (putih) |
2. |
Tuliskan
Langkah-langkah berpikir anda hingga mendapat solusi dari permasalahan ini ! |
1.Untuk memenangkan
permainan, karna Andi merupakan permain pertama yang mengambil batu, maka ia
perlu menciptakan langkah ganjil yang dengan begitu ia akan menjadi orang
terakhir yang akan mengambil batu. Oleh karena terdapat 10 batu itu sebabnya
kemungkinan langkah ganjil yang tercipta ialah 3, 5, 7, dan 9. 2.Agar ia memiliki
presentasi kemenagan yang tinggi, maka andi perlu menciptakan langkah ganjil
seminimal mungkin. Itu sebabnya ia perlu mengambil batu paling maksimal
daripada peraturan yang ada. Artinya ia harus mengambil 3 batu (putih) 3.Pada saat 3 batu
(putih) diambil oleh Andi sebagai pemain pertama, maka batu yang akan tersisa
berjumlah 7 dengan sebaran 4 batu putih dan 3 batu hitam. 4.Dengan tersisa 7
batu dan peraturan hanya dapat mengambil 3 batuh putih dan 2 batu hitam serta
tidak boleh mengambil batu dengan warna yang berbeda, maka langkah ganjil
yang paling minimal dan paling mungkin Andi ciptakan untuk memenangkan
permainan adalah 5 langkah 3 langkah tidak mungkin tercipta dengan peraturan
yang ada. 5.Untuk
menciptakan 5 langkah maka yang perlu dilakukan oleh Andi selanjutnya ialah
menghabiskan batu yang diambil oleh Budi sebagai pemain kedua. Jika Budi
mengambil Batu putih maka sisa batu putih harus diambil Andi, jika Budi
mengambil batu hitam maka Andi harus mengambil sisa batu hitam. Dengan
mengikuti pola tersebut maka Andi akan pasti menciptakan 5 langkah permainan
dan memenangkan permainan |
3. |
Identifikasi 4
fondasi CT yang anda gunakan dalam menyelesaikan masalah ini ! |
Dekomposisi: Mengenali masalah-masalah
andi yakni apakah ia harus mengambil batu putih atau batu hitam dan mengambil
dengan jumlah berapa Pengenalan Pola: Karena Andi
pemain pertama, maka andi perlu untuk menciptakan langkah ganjil untuk
memenangkan permainan. Langkah ganjil yang diciptakan juga perlu seminimal
mungkin agar kemungkin Andi untuk menang besar. Abstraksi: Untuk
menciptakan langkah ganjil seminimal mungkin maka andi perlu mengambil baru
paling maksimal dari peraturan yang ada batu artinya disini kita mengeliminasi
kemungkinan kita untuk mengambil batu yang lebih sedikit daripada itu. Algoritma: Sesuai dengan
peraturan, batu paling maksimal yang dapat diambil ialah 3 batu. Dengan tersisa 7
batu, berikutnya andi hanya perlu menciptakan langkah ganjil paling minimal
yakni dengan menghabiskan warna batu yang akan diambil oleh Budi sebagai
pemain kedua. Dengan begitu akan tercipta 5 langkah dan Andi pasti akan
memenagkan permainan. |
4. |
Adakah contoh
dalam kehidupan sehari-hari yang mengimplementasikan konsep yang ada pada
soal ini? |
Contoh: Pekerja pencetak
bbatu bata Fondasi CT Dekomposisi: Pekerja pencetan
batu bata mimilah persoalan yang ia hadapi dalam pencetakan batu bata yakni
meghitung batu bata yang dicetak dan menyusun batu batu yang dicetak serta bagaimana
menyusunnya Pengenalan pola: Berdasarkan
pengalaman kerjanya ia mengenali bawah menyusun batu bata terlebih dahulu
lebih baik dalam menyelesaikan pekerjaannya. Berdasarkan pengalamannya ia
juga memengetahi bahwa susunan batu bata dengan dasar yang banyak akan
menghasilkan susunan yang tidak terlalu tinggi sehingga mudah roboh. Abstraksi: Ia mengenali
bahwa dengan menyusun batu bata terlebih dahulu ia dapat dengan mudah
menghitung batu bata hasil cetakannya sehingga persoalan menghitung ia dapat
abaikan sementara. Algoritma: Ia menyusun batu
bata dengan dasar paling maksimal dari susunan batu batu yang diinginkan
bosnya. Sehingga susunan batu bata yang dihasilkan tidak terlalu tinggi dan
mudah roboh selain itu mempermudah ia untuk menghitung jumlah batu bata yang
telah ia cetak. |
No comments:
Post a Comment