Monday, October 23, 2023

DEMONSTRASI KONTEKSTUAL TOPIK 3 COMPUTATIONAL THINGKING

 

Nama/NIM                                        : Nur Ainun Fadhilah Idris

Jenjang/mata pelajaran yang diampu: SMA/Biologi

Kode soal                                           : SEL.09.2-T3-4 D

Judul soal                                           : BATU HITAM DAN BATU PUTIH

No.

Pertanyaan

Jawaban

1.

Tuliskan solusi untuk soal ini !

3 batu (putih)

2.

Tuliskan Langkah-langkah berpikir anda hingga mendapat solusi dari permasalahan ini !

1.Untuk memenangkan permainan, karna Andi merupakan permain pertama yang mengambil batu, maka ia perlu menciptakan langkah ganjil yang dengan begitu ia akan menjadi orang terakhir yang akan mengambil batu. Oleh karena terdapat 10 batu itu sebabnya kemungkinan langkah ganjil yang tercipta ialah 3, 5, 7, dan 9.

2.Agar ia memiliki presentasi kemenagan yang tinggi, maka andi perlu menciptakan langkah ganjil seminimal mungkin. Itu sebabnya ia perlu mengambil batu paling maksimal daripada peraturan yang ada. Artinya ia harus mengambil 3 batu (putih)

3.Pada saat 3 batu (putih) diambil oleh Andi sebagai pemain pertama, maka batu yang akan tersisa berjumlah 7 dengan sebaran 4 batu putih dan 3 batu hitam.

4.Dengan tersisa 7 batu dan peraturan hanya dapat mengambil 3 batuh putih dan 2 batu hitam serta tidak boleh mengambil batu dengan warna yang berbeda, maka langkah ganjil yang paling minimal dan paling mungkin Andi ciptakan untuk memenangkan permainan adalah 5 langkah 3 langkah tidak mungkin tercipta dengan peraturan yang ada.

5.Untuk menciptakan 5 langkah maka yang perlu dilakukan oleh Andi selanjutnya ialah menghabiskan batu yang diambil oleh Budi sebagai pemain kedua. Jika Budi mengambil Batu putih maka sisa batu putih harus diambil Andi, jika Budi mengambil batu hitam maka Andi harus mengambil sisa batu hitam. Dengan mengikuti pola tersebut maka Andi akan pasti menciptakan 5 langkah permainan dan memenangkan permainan

 

3.

Identifikasi 4 fondasi CT yang anda gunakan dalam menyelesaikan masalah ini !

Dekomposisi:

Mengenali masalah-masalah andi yakni apakah ia harus mengambil batu putih atau batu hitam dan mengambil dengan jumlah berapa

Pengenalan Pola:

Karena Andi pemain pertama, maka andi perlu untuk menciptakan langkah ganjil untuk memenangkan permainan. Langkah ganjil yang diciptakan juga perlu seminimal mungkin agar kemungkin Andi untuk menang besar.

Abstraksi:

Untuk menciptakan langkah ganjil seminimal mungkin maka andi perlu mengambil baru paling maksimal dari peraturan yang ada batu artinya disini kita mengeliminasi kemungkinan kita untuk mengambil batu yang lebih sedikit daripada itu.

 

Algoritma:

Sesuai dengan peraturan, batu paling maksimal yang dapat diambil ialah 3 batu.

Dengan tersisa 7 batu, berikutnya andi hanya perlu menciptakan langkah ganjil paling minimal yakni dengan menghabiskan warna batu yang akan diambil oleh Budi sebagai pemain kedua. Dengan begitu akan tercipta 5 langkah dan Andi pasti akan memenagkan permainan.

4.

Adakah contoh dalam kehidupan sehari-hari yang mengimplementasikan konsep yang ada pada soal ini?

Contoh:

Pekerja pencetak bbatu bata

 

Fondasi CT

Dekomposisi:

Pekerja pencetan batu bata mimilah persoalan yang ia hadapi dalam pencetakan batu bata yakni meghitung batu bata yang dicetak dan menyusun batu batu yang dicetak serta bagaimana menyusunnya

Pengenalan pola:

Berdasarkan pengalaman kerjanya ia mengenali bawah menyusun batu bata terlebih dahulu lebih baik dalam menyelesaikan pekerjaannya. Berdasarkan pengalamannya ia juga memengetahi bahwa susunan batu bata dengan dasar yang banyak akan menghasilkan susunan yang tidak terlalu tinggi sehingga mudah roboh.

Abstraksi:

Ia mengenali bahwa dengan menyusun batu bata terlebih dahulu ia dapat dengan mudah menghitung batu bata hasil cetakannya sehingga persoalan menghitung ia dapat abaikan sementara.

Algoritma:

Ia menyusun batu bata dengan dasar paling maksimal dari susunan batu batu yang diinginkan bosnya. Sehingga susunan batu bata yang dihasilkan tidak terlalu tinggi dan mudah roboh selain itu mempermudah ia untuk menghitung jumlah batu bata yang telah ia cetak.

 

No comments:

Post a Comment

MODUL AJAR IPA KELAS VIII

PDF