Monday, October 23, 2023

EKSPLORASI KONSEP TOPIK 3 COMPUTATIONAL THINGKING

SEL.09.2-T3-8c Eksplorasi Konsep dan Ruang Kolaborasi

Nur Ainun Fadhilah Idris/ MIPA


3.1 The purpose of each of these letters is to
A. explain what graffiti is.
B. present an opinion about graffiti.
C. demonstrate the popularity of graffiti.
D. tell people how much is spent removing graffiti.

Nama/NIM : Nur Ainun Fadhilah Idris

Jenjang/mata pelajaran yang diampu: SMA/Biologi

Kode soal: Reading

Judul soal: Grifiti

No.

Pertanyaan

Jawaban

1.

Tuliskan solusi untuk soal ini !

B

2.

Tuliskan Langkah-langkah berpikir anda hingga mendapat solusi dari permasalahan ini !

1.      Membaca teks dengan seksama

2.      Membaca soal

3.      Oleh sebab disoal untuk mencari tujuan daripada masing-masing surat maka fokus penyelesaian masalah adalah untuk mencari tujuan dari surat  tersebut.

4.      Mencermati pilihan yang tersedia

5.      Mendapatkan jawaban yang tepat

3.

Identifikasi 4 fondasi CT yang anda gunakan dalam menyelesaikan masalah ini !

Dekomposisi:

Mencermati soal, apa yang mesti diselesaikan

Pengenalan Pola:

Berdasarkan pengalaman saya untuk menyelesaikan soal teks secara efektif maka setelah mencermati soal langkah yang mesti dilakukan selanjutnya ialah mencermati pilihan jawaban langkah ini menurut saya efisien daripada membaca teks kembali.

Abstaksi:

Mengeliminasi maksud yang lain daripada teks dan berfokus pada tujuan daripada isi teks. 

Algoritma:

Membaca teks, mencermati soal, mencermati pilihan jawaban, memilih jawaban yang tepat.

 

 

Pertanyaan 3.2

Why does Sophia refer to advertising?

Nama/NIM : Nur Ainun Fadhilah Idris

Jenjang/mata pelajaran yang diampu: SMA/Biologi

Kode soal: Reading

Judul soal: Grifiti

No.

Pertanyaan

Jawaban

1.

Tuliskan solusi untuk soal ini !

Oleh sebab graffiti dan iklan sama-sama merupakan karya seni

2.

Tuliskan Langkah-langkah berpikir anda hingga mendapat solusi dari permasalahan ini !

1.      Membaca soal

2.      Membaca teks

3.      Oleh sebab disoal untuk mencari alasan dari Sophia menyertakan iklan, maka fokus pembecaan teks hanya pada surat sophia untuk meninimalisir waktu

4.      Menuliskan jawaban

3.

Identifikasi 4 fondasi CT yang anda gunakan dalam menyelesaikan masalah ini !

Dekomposisi:

Mencermati soal, apa yang mesti diselesaikan

Pengenalan Pola:

Berdasarkan pengalaman saya untuk menyelesaikan soal teks yang berbentuk essai maka diperluka pembacaan kembali isi teks untuk menemukan gambaran jawaban dari soal

Abstaksi:

Mengeliminasi maksud yang lain daripada teks dan berfokus pada substansi pertanyaan 

Algoritma:

mencermati soal, membaca teks, menuliskan jawaban

 

 

 


Pertanyaan 7.1

What is the approximate distance from the starting line to the beginning of the longest straight section of the track?

A.      0,5 km

B.      1,5 km

C.      2,3 km

D.      2,6 km

Mathematics

Nama/NIM : Nur Ainun Fadhilah Idris

Jenjang/mata pelajaran yang diampu: SMA/Biologi

Kode soal: Mathematics

Judul soal: Speed of Racing Car

No.

Pertanyaan

Jawaban

1.

Tuliskan solusi untuk soal ini !

B

2.

Tuliskan Langkah-langkah berpikir anda hingga mendapat solusi dari permasalahan ini !

1.      Membaca soal

2.      Menganalisis grafik

3.      Oleh sebab disoal yang diminta adalah jarak dari garis start hingga bagian awal dari garis lurus terpanjang, maka fokus analisis grafik hanya difokuskan pada hal tersebut

4.      Memilih jawaban yang tepat

3.

Identifikasi 4 fondasi CT yang anda gunakan dalam menyelesaikan masalah ini !

Dekomposisi:

Mencermati soal, apa yang mesti diselesaikan

Pengenalan Pola:

Berdasarkan pengalaman saya bahwa untuk menyelesaikan soal grafik dengan pertanyaan bentuk objektif maka yang perlu dilakukan ialah mencermati soal terlebih dahulu hal ini agar proses analisis grafik akan lebih terarah dan efisien.

Abstaksi:

Oleh karena setelah membaca soal saya dapat menganalisis grafik dengan terarah maka grafik untuk sementara saya abaikan dan berfokus mencermati soal

Algoritma:

Mencermati soal, menganalisis grafik, menentukan jawaban yang tepat.

 

Pertanyaan 7.2

Where was the lowest speed recorded during the second lap?

A. at the starting line.

B. at about 0.8 km.

C. at about 1.3 km.

D. halfway around the track.

 

Nama/NIM : Nur Ainun Fadhilah Idris

Jenjang/mata pelajaran yang diampu: SMA/Biologi

Kode soal: Mathematics

Judul soal: Speed of Racing Car

No.

Pertanyaan

Jawaban

1.

Tuliskan solusi untuk soal ini !

C

2.

Tuliskan Langkah-langkah berpikir anda hingga mendapat solusi dari permasalahan ini !

1.      Membaca soal

2.      Menganalisis grafik

3.      Oleh sebab disoal yang diminta adalah jarak dari garis start hingga bagian awal dari garis lurus terpanjang, maka fokus analisis grafik hanya difokuskan pada hal tersebut

4.      Memilih jawaban yang tepat

3.

Identifikasi 4 fondasi CT yang anda gunakan dalam menyelesaikan masalah ini !

Dekomposisi:

Mencermati soal, apa yang mesti diselesaikan

Pengenalan Pola:

Berdasarkan pengalaman saya bahwa untuk menyelesaikan soal grafik dengan pertanyaan bentuk objektif maka yang perlu dilakukan ialah mencermati soal terlebih dahulu hal ini agar proses analisis grafik akan lebih terarah dan efisien.

Abstaksi:

Oleh karena setelah membaca soal saya dapat menganalisis grafik dengan terarah maka grafik untuk sementara saya abaikan dan berfokus mencermati soal

Algoritma:

Mencermati soal, menganalisis grafik, menentukan jawaban yang tepat.

 

Pertanyaan 20.1

What is the role of bacteria in dental caries?

A. Bacteria produce enamel.

B. Bacteria produce sugar.

C. Bacteria produce minerals.

D. Bacteria produce acid

 

 

 

 

Science

Nama/NIM : Nur Ainun Fadhilah Idris

Jenjang/mata pelajaran yang diampu: SMA/Biologi

Kode soal: Science

Judul soal: Tooth Decay

No.

Pertanyaan

Jawaban

1.

Tuliskan solusi untuk soal ini !

D

2.

Tuliskan Langkah-langkah berpikir anda hingga mendapat solusi dari permasalahan ini !

1.      Membaca soal

2.      Membaca pilihan jawaban

3.      Menganalisis gambar dan teks

4.      Oleh sebab disoal yang diminta adalah peran bakteri fokus analisi gambar dan teks adalah pada peran bakteri tersebut

5.      Memilih jawaban yang tepat

3.

Identifikasi 4 fondasi CT yang anda gunakan dalam menyelesaikan masalah ini !

Dekomposisi:

Mencermati soal, apa yang mesti diselesaikan

Pengenalan Pola:

Berdasarkan pengalaman saya bahwa untuk menyelesaikan soal gambar dan teks dengan pertanyaan bentuk objektif dengan pilihan jawaban bentuk narasi maka yang perlu dilakukan ialah mencermati soal dan pilihan jawaban terlebih dahulu hal ini agar proses analisis gambar dan teks akan lebih terarah dan efisien.

Abstaksi:

Oleh karena setelah membaca soal saya dapat menganalisis gambar dan teks dengan terarah maka gambar dan teks untuk sementara saya abaikan dan berfokus mencermati soal dan pilihan jawaban

Algoritma:

Mencermati soal dan pilihan jawaban, menganalisis gambar dan teks, menentukan jawaban yang tepat.

 


No comments:

Post a Comment

MODUL AJAR IPA KELAS VIII

PDF