Monday, October 23, 2023

PPA II (SIKLUS I ELABORASI)

 

Refleksi Pada Pembuatan Perangkat Pembelajaran

 

No

Komponen Perangkat Pembelajaran

Kendala

1.         

Perumusan capaian pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran

Dalam menyesuaikan capian pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan sekolah melalui guru pamong.

2.         

Pembuatan asesmen diagnostik pengetahuan peserta didik

Membuat soal sesuai dengan tingkat berpikir peserta didik

3.         

Pembuatan asesmen diagnostik karakteristik (latar belakang) peserta didik

Membuat  instrumen yang belum tentu dapat secara nyata mengukur karakteristik peserta didik

4.         

Perumusan profil pelajar pancasila

Menyesuaikan profil pelajar Pancasila dengan pembelajaran yang akan dirancang

5.         

Perumusan target peserta didik

Hasil tes diagnostik yang belum sesuai dengan keadaan pesera didik

6.         

Perumusan model pembelajaran yang digunakan

Penyesuaian dengan karakteristik materi, karena tidak semua materi dapat di PBLkan

7.         

Perumusan tujuan pembelajaran

Penyesuaian dengan karakteristik materi dan tingkat berpikir peserta didik

8.         

Perumusan assessment of learning

Kejelasan dari asesmen ini sendiri yang merupakan asesmen yang dilakukan pada akhir pembelajaran yang dicontohkan dalam bentuk ujian tengah semester dan ujian akhir semester

9.         

Perumusan assessment as learning

Pemilihan pernyataana atau pertanyaan yang secara ekplesit dapat menggambarkan partispasi peserta didik di dalam pembelajaran

10.     

Perumusan assessment for learning

Membuat soal yang dapat merangkum gambaran ketercapaian tujuan pembelajaran peserta didik

11.     

Perumusan pemahaman bermakna

Kejelasan dari apa yang sebenarnya dimaksud dengan pemahaman bermakna

12.     

Perumusan pertanyaan pemantik

Masih sulit membedakan pertanyaan pemantik dengan apersepsi

13.     

Perumusan kegiatan pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik

Merancang kegaitan yang dapat mengakomodasi kebutuhan peserta didik

14.     

Pembuatan lembar kerja peserta didik

Pembuatan desain LKPD yang menari dan Penyesuaian dengan model pembelajaran

15.     

Perumusan pengayaan dan remedial

Waktu pelaksanaan

16.     

Penentuan bahan bacaan peserta didik dan pendidik

Kurangnya sumber informasi dalam bentuk buku cetak

 

 

 

 

 

Refleksi Pada Penerapan Pembelajaran

No

Aktivitas Pembelajaran

Kendala

1.                 

Pemberian asesmen diagnostik

Jumlah peserta didik yang banyak dan kegiatan yang dilakukan dengan moda online sehingga keotentikan hasil tidak dapat dipastikan

2.                 

Pemberian pertanyaan pemantik

Peserta didik yang belum menguasai materi pengantar

3.                 

Aktivitas kolaborasi diskusi/presentasi peserta didik

Peserta didik yang belum mandiri dalam kegiatan diskusi serta presentasi

4.                 

Aktivitas projek peserta didik

Peserta didik yang belum mandiri

5.                 

Aktivitas pengayaan pembelajaran

Alokasi waktu yang tidak mencukupi

6.                 

Aktivitas remedial/tambahan pembelajaran

Alokasi waktu yang tidak mencukupi

7.                 

Pemberian asesmen

Pengelolaan alokasi waktu

8.                 

Proses pelaksanaan asesmen

Pengelolaan alokasi waktu

9.                 

Kegiatan penutup pembelajaran

Pengelolaan alokasi waktu

 

 

 

 

 

 

Refleksi Pada Keberhasilan Pembelajaran

No

Indikator Pencapaian Kompetensi

% Ketuntasan

1.                    

Menjelaskan alat-alat sistem pencernaan pada manusia

85 %

2.                    

Menganalisis meknaisme pencernaan makanan pada manusia

75 %

 

No comments:

Post a Comment

MODUL AJAR IPA KELAS VIII

PDF