“Pelaksanaan
Penilaian yang Terhambat Waktu dan Motivasi Peserta Didik”
A.
Deskripsi Studi Kasus
Pada perencanaan pembelajaran salah satu kesulitan
yang saya hadapi yaitu menentukan penggunaan teknik penilaian, karena pada
pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya teknik yang digunakan kurang tepat
sehingga sulit untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah
dilaksanakan dan sulit mengetahui peningkatan kemampuan peserta didik dalam
proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan dalam pelaksanaan proses pembelajaran
yang telah dilakukan, alokasi waktu tidak berjalan sebagaimana yang telah
direncanakan karena berbagai faktor yang terjadi pada saat proses pembelajaran.
Pemilihan penggunaan teknik penilaian ini juga penting untuk mengetahui apakah
materi yang diajarkan sudah peserta didik pahami atau belum, sehingga untuk
pembelajaran selanjutnya dapat mempertimbangkan metode, media dan teknik
penilaian yang akan digunakan.
B. Analisis
Situasi
Penilaian
merupakan salah satu komponen inti dalam merancang pembelajaran karena
fungsinya ialah untuk melihat sejauh manakah keberhasilan rancangan itu sendiri
pada pelaksanaannya didalam kelas terlebih khusus pencapaian tujuan
pembelajaran yang dirumuskan. Berdasarkan kepentingan ini maka dalam melakukan
penilaian saya cendurung menggunakan teknik penilaian berupa penilian diri dan
penugasan dalam bentuk soal-soal uraian. Akan tetapi berdasarkan hasil
observasi pada pengimplementasian rancangan pembelajaran di dalam kelas. Teknik
penilaian yang saya rancangan sebelumnya sering terhambat alokasi waktu
sehingga peserta didik cenderung mengerjakan soal dengan seadanya dan
tergesa-gesa. Hal ini juga menjadi salah satu isu yang diangkat pada saat
proses refleksi yang melibatkan guru pamong dan teman sejawat yang berperan
sebagai pengamat pada saat pelaksanaan pembelajaran. Selain alokasi waktu yang
menjadi permasalah pada pelaksanaan penilaian, indikator lain yang menjadi
hasil dari refleksi bersama ini terkait dengan penggunaan teknik penilaian ini ialah
terkait dengan motivasi peserta didik dalam mengerjakan soal pada saat proses
penilaian ini sendiri, yang hasil diskusi bersama memberikan pernyataan bahwa
hal ini hadir oleh sebab peserta didik telah melakukan semua rangkaian
pembelajaran dari awal hingga akhir secara mandiri, sehingga ketika masuk pada
kegiatan pengerjaan tugas, motivasi mereka cendurung rendah karena menilai
bahwa kegiatan pembelajaran yang telah mereka lakukan sudah termasuk penugasan
itu sendiri.
C.
Alternatif
Solusi
Sebagaimana
dikatakan sebelumnya bahwa penilaian merupakan salah satu bagian inti dalam
merancang pembelajaran serta pelaksanaannya di dalam kelas yang hasil akan
digunakan sebagai bahan untuk melakukan evaluasi baik pada perancangan maupun
pelaksanaan sehingga kesegeraan untuk mencari alternatif solusi terhadap
permasalah pada aspek tersebut merupakan sebuah keharusan. Hasil refleksi
pembelajaran terkait dengan penggunan teknik penilaian yang memakan banyak
waktu serta motivasi yang rendah dari peserta didik untuk mengerjakan tugas
bentuk soal yang diberikan kemudian mengarahkan penulis untuk menggunakan
teknik penilaian lainnnya yang dapat menjadi alternatif solusi terhadap masalah
yang dihadapi dan teknik penilaian yang dimaksud adalah penilaian yang memanfaatkan
teknologi lebih khususnya menggunakan aplikasi atau platform quizizz. Pengggunan aplikasi ini didasari fungsi
daripada quizizz itu sendiri yang dapat mengerjakan soal secara online dan
bersama-sama. Selain itu waktu pengerjaan setiap soal juga dapat diatur
sehingga dapat menjadi solusi terhadap permasalah waktu pada pelaksanaan
pembelajaran sebelumnya. Aplikasi quizizz ini juga dapat melihat secara langsun
hasil jawaban peserta didik dengan berbantuan alat proyektor. Hal inilah
kemudian dapat menjadi stimulus untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam
mengerjakan soal sebab peserta didik akan lebih merasa dengan menyelesaikan
games atau permainan ketimbang terbebani akan penyelesaian soal apalagi ketira
rancangan pembelajaran yang dibuat akan dilaksanakan pada jam-jam akhir
pembelajaran di sekolah yang pada kenyataannya menjadi salah satu faktor
mengemuka terhadap penurunan motivasi peserta didik dalam mengikuti proses
pembelajaran. Pemilihan aplikasi quizizz ini juga merupakan salah satu bentuk pengetahuan
dari hasil yang saya peroleh dalam mengikuti perkuliahan PPG Prajabatan
khususnya pada kuliah teknologi pada pembelajaran, kemudian pengetahuan awal
tersebut menjadi pijakan bagi saya untuk mengskplore lebih jauh terkait dengan
fitur-fitur yang dapat dimanfaaatkan dari aplikasi ini untuk merancang
penilaian pada proses pembelajaran.
D.
Evaluasi
Pemanfaatan
teknologi sebagai alternatif solusi terhadap masalah yang saya hadapi terkait
dengan teknik penilaian dengan menggunakan aplikasi quizizz pada pelaksanaannya
memberikan dampak yang posistif. Penggunaan aplikasi quizizz pada saat proses
penilaian mampu untuk memangkas waktu pengerjaan soal-soal uraian sebagaimana
pada rancangan pembelajaran saya sebelumnya. Selain itu yang paling berpengaruh
adalah motivasi peserta didik dalam menyelesaikan soal, dimana peserta didik
menjadi lebih aktif, dan bersemangat serta lebih serius dalam pengerjaannya.
Hal ini dikarenakan hasil mereka yang dapat dilihat bersama pada layar juga
model pegerjaaannya yang menyeruapi games atau permaian yang sangat lekat
dengan karakteristik peserta didik pada era teknologi dewasa ini.
No comments:
Post a Comment