Tuesday, October 24, 2023

LAPORAN STUDI KASUS PPG PRAJABATAN

 


“Pelaksanaan Penilaian yang Terhambat Waktu dan Motivasi Peserta Didik”

 

A.    Deskripsi Studi Kasus

Pada perencanaan pembelajaran salah satu kesulitan yang saya hadapi yaitu menentukan penggunaan teknik penilaian, karena pada pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya teknik yang digunakan kurang tepat sehingga sulit untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran yang telah dilaksanakan dan sulit mengetahui peningkatan kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang telah dilakukan, alokasi waktu tidak berjalan sebagaimana yang telah direncanakan karena berbagai faktor yang terjadi pada saat proses pembelajaran. Pemilihan penggunaan teknik penilaian ini juga penting untuk mengetahui apakah materi yang diajarkan sudah peserta didik pahami atau belum, sehingga untuk pembelajaran selanjutnya dapat mempertimbangkan metode, media dan teknik penilaian yang akan digunakan.

 

B.     Analisis Situasi

Penilaian merupakan salah satu komponen inti dalam merancang pembelajaran karena fungsinya ialah untuk melihat sejauh manakah keberhasilan rancangan itu sendiri pada pelaksanaannya didalam kelas terlebih khusus pencapaian tujuan pembelajaran yang dirumuskan. Berdasarkan kepentingan ini maka dalam melakukan penilaian saya cendurung menggunakan teknik penilaian berupa penilian diri dan penugasan dalam bentuk soal-soal uraian. Akan tetapi berdasarkan hasil observasi pada pengimplementasian rancangan pembelajaran di dalam kelas. Teknik penilaian yang saya rancangan sebelumnya sering terhambat alokasi waktu sehingga peserta didik cenderung mengerjakan soal dengan seadanya dan tergesa-gesa. Hal ini juga menjadi salah satu isu yang diangkat pada saat proses refleksi yang melibatkan guru pamong dan teman sejawat yang berperan sebagai pengamat pada saat pelaksanaan pembelajaran. Selain alokasi waktu yang menjadi permasalah pada pelaksanaan penilaian, indikator lain yang menjadi hasil dari refleksi bersama ini terkait dengan penggunaan teknik penilaian ini ialah terkait dengan motivasi peserta didik dalam mengerjakan soal pada saat proses penilaian ini sendiri, yang hasil diskusi bersama memberikan pernyataan bahwa hal ini hadir oleh sebab peserta didik telah melakukan semua rangkaian pembelajaran dari awal hingga akhir secara mandiri, sehingga ketika masuk pada kegiatan pengerjaan tugas, motivasi mereka cendurung rendah karena menilai bahwa kegiatan pembelajaran yang telah mereka lakukan sudah termasuk penugasan itu sendiri.

 

 

 

 

 

C.    Alternatif Solusi

Sebagaimana dikatakan sebelumnya bahwa penilaian merupakan salah satu bagian inti dalam merancang pembelajaran serta pelaksanaannya di dalam kelas yang hasil akan digunakan sebagai bahan untuk melakukan evaluasi baik pada perancangan maupun pelaksanaan sehingga kesegeraan untuk mencari alternatif solusi terhadap permasalah pada aspek tersebut merupakan sebuah keharusan. Hasil refleksi pembelajaran terkait dengan penggunan teknik penilaian yang memakan banyak waktu serta motivasi yang rendah dari peserta didik untuk mengerjakan tugas bentuk soal yang diberikan kemudian mengarahkan penulis untuk menggunakan teknik penilaian lainnnya yang dapat menjadi alternatif solusi terhadap masalah yang dihadapi dan teknik penilaian yang dimaksud adalah penilaian yang memanfaatkan teknologi lebih khususnya menggunakan aplikasi atau platform quizizz.  Pengggunan aplikasi ini didasari fungsi daripada quizizz itu sendiri yang dapat mengerjakan soal secara online dan bersama-sama. Selain itu waktu pengerjaan setiap soal juga dapat diatur sehingga dapat menjadi solusi terhadap permasalah waktu pada pelaksanaan pembelajaran sebelumnya. Aplikasi quizizz ini juga dapat melihat secara langsun hasil jawaban peserta didik dengan berbantuan alat proyektor. Hal inilah kemudian dapat menjadi stimulus untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam mengerjakan soal sebab peserta didik akan lebih merasa dengan menyelesaikan games atau permainan ketimbang terbebani akan penyelesaian soal apalagi ketira rancangan pembelajaran yang dibuat akan dilaksanakan pada jam-jam akhir pembelajaran di sekolah yang pada kenyataannya menjadi salah satu faktor mengemuka terhadap penurunan motivasi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Pemilihan aplikasi quizizz ini juga merupakan salah satu bentuk pengetahuan dari hasil yang saya peroleh dalam mengikuti perkuliahan PPG Prajabatan khususnya pada kuliah teknologi pada pembelajaran, kemudian pengetahuan awal tersebut menjadi pijakan bagi saya untuk mengskplore lebih jauh terkait dengan fitur-fitur yang dapat dimanfaaatkan dari aplikasi ini untuk merancang penilaian pada proses pembelajaran.

 

D.    Evaluasi

Pemanfaatan teknologi sebagai alternatif solusi terhadap masalah yang saya hadapi terkait dengan teknik penilaian dengan menggunakan aplikasi quizizz pada pelaksanaannya memberikan dampak yang posistif. Penggunaan aplikasi quizizz pada saat proses penilaian mampu untuk memangkas waktu pengerjaan soal-soal uraian sebagaimana pada rancangan pembelajaran saya sebelumnya. Selain itu yang paling berpengaruh adalah motivasi peserta didik dalam menyelesaikan soal, dimana peserta didik menjadi lebih aktif, dan bersemangat serta lebih serius dalam pengerjaannya. Hal ini dikarenakan hasil mereka yang dapat dilihat bersama pada layar juga model pegerjaaannya yang menyeruapi games atau permaian yang sangat lekat dengan karakteristik peserta didik pada era teknologi dewasa ini.

 

 

 

No comments:

Post a Comment

MODUL AJAR IPA KELAS VIII

PDF